Senin, 02 Maret 2015

cara mengatasi wabah pada unggas

Assalamu'alaikum sobat mahasvin, menerima bayak pertanyaan dan pernyataan dari para pelanggan dan sahabat mahasvin tentang wabah ayam yang sedang bayak terjadi saat ini,.
 saya akan sedikit mengulas cara menghindari dan mengatasi wabah yang sangat mengancam unggas pada setiap musim hujan,.

Setiap musim penghujan ayam sangat mudah sekali terserang penyakit pileg, ngorok, snot dll, saya pernah terserang wabah yang menghabis kan semua ayam hias saya entah itu wabah apa, yang pasti bukan flu burung kata dokter hewan tapi gejala dan efekx hampir nyerupai flu burung, sore hari ayam saya masih sehat saat memberi makan, pagi hari tiba" sudah mati, sangat cepat tanpa kita tau dia sedang sakit, awalx saya beli ayam polandia di pasar dengan harga yg miring melihat kualitas jambul dan warnax yang lumayan bagus dan harga yang murah, saya tanpa pikir panjang lgsg membeli ayam itu, tapi itulah awal malapetaka di farm saya, lebih dari50 ekor indukan ayam hias tewasberbagai obat sudah saya beri sampai" isi kantong benar" terkurah hanya untuk menyelamatkan ayam" saya yang mahal,

kesimpulan dari pengalaman saya ialah,
* hindari belanjan ayam dengan bakul pasar, karna di pasar tempat berbagai macam unggas berkumpul dan sarang penyakit ya  kalo kepepet harus sangat selektif bingittttz.

* Vaksin rutin ayam" anda,

* buat kandang ternak dan kandang karantina, pisahkan dg jarak yg cukup ke dua kandang itu, kandang karantina gunakan untuk ayam asing0baru di beli, dan jika ada ayam yg kurang sehat, bebaskan kandang ternak dari ayam" yg sakit/baru.

 * Buang jauh" perasaan sayang dan eman" kepada ayam" anda yang mahal jika melihat wabah seperti yang saya alami, karna jika kita berusaha menyelamatkan ayam yg sakit dg obat"an yg mahal itu, ayam yang sakit tdk akan sembuh dalam beberapakali pengobatan dan bahkan ujung"x mati obat hanya memperpanjang umur ayam saja, tapiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiii pada saat ayam proses pengobatan dia menyimpan wabah dan menyebarkan wabah dan semakin lama ayam di obati semakin bayak ayam" lain yang terserang penyakit 1ayam yg di obati, jika melihat ayam mengalami penyakit seperti itu jangan ragu untuk memotongx saja biar cepat terputus tali bawahx,

* ketika ada ayam yan sakit musnahkan, semprot kandang dg desinfektan, taburi dg kapur, bakar" lah hingga byk asap, lebih bagus jika pakek obat nyamuk, untuk membasmi bakteri dan virus,

 * ketika ada ayam yg sakit, ayam" yg sehat segera ungsikan ke tempat yg lebih aman,,

*  Kebersihan kandang menjadi syarat mutlak agar ternak sehat dan tampil prima. Bila kotoran menumpuk maka kandang akan menjadi gudang penyakit. Karena itu kandang mesti dibersihkan secara teratur.

Salah satu cara agar mudah membersihkan kandang adalah dengan menggunakan ram kawat untuk lantai kandang. Dibawah kandang lalu diberi alas triplek untuk menampung kotoran. Taburkan sekam padi dipermukaan alas. Dengan begitu kotoran yang langsung jatuh tidak menempel pada permukaan alas.

Alas penampung kotoran sebaiknya dirancang agar dapat dilepas pasang. Jadi, ketika dibersihkan cukup ambil alas, lalu tumpahkan sekam yang sudah bercampur kotoran. Cuci alas dengan menggunakan sabun antibakteri, lalu keringkan. Alas pun siap digunakan kembali. Meski kotoran ditampung alas, tapi kandang mesti dibersihkan secara berkala minimal setiap pekan. Pasalnya, seringkali kotoran juga juga mengenai lantai kandang sebelum menimpa alas.

Cara lain agar mudah membersihkan kandang adalah dengan melapisi lantai kandang dengan campuran serbuk zeolit, pasir pantai dan pasir cor dengan perbandingan 1/2 : 1 : 1/4. Zeolit membuat kotoran ayam cepat kering dan tidak menempel dilantai kandang. Untuk membersihkanya, ambil tumpukan kotoran dengan saringan sehingga hanya kotoran yang terambil.

Pasir banyak negandung kerikil yang dibutuhkan serama untuk membantu pencernaan makanan di tembolok. Pasir pantai jga menjadi sumber kalsium karena biasanya bercampur dengan serbuk kulit kerang yang sudah hancur. Kalsium penting untuk memperkuat tulang serama dan mencegah telur lembek yang membat telur mudah pecah.

Untuk menghilangkan bau  yang menyengat pada kandang  dianjurkan  menyemprotkan anti bau “ PROTEXOL” secukupnya  karena produk ini disamping dapat menghilangkan bau dengan tuntas  harganyapun sangat terjangkau

Dan yang tak kalah pentingnya adalah memberantas lalat , sebab serangga ini sangat berperan dalam penyebaran penyakit. Menurut pengalaman kami  formula yang sangat efektif untuk ini adalah RALAT – Racun Lalat..
Racun Lalat (RALAT) berbentuk cair berwarna putih susu agak kecoklatan untuk disemprotkan ke tempat-tempat yang sering didatangi lalat. sedikit amis dan berbau khas (tajam bagi indera lalat tapi tidak untuk manusia).
Racun lalat ini hemat tapi efektif membasmi semua jenis lalat baik itu lalat rumah tangga, rumah makan, rumah sakit, dll. Belum ada saingannya dari segi kualitas dan harga. Telah diteliti oleh ahli bioteknologi dari UGM, Yogyakarta. Harganya murah, pasti terjangkau.
Cara kerjanya, setelah lalat menghisap cairan itu, beberapa detik kemudian si lalat akan mulai menggosok-gosokkan kedua kaki belakangnya. Sayapnya tergetar. Kaki belakang terangkat. Ia mulai kehilangan orientasi arah. Saat itulah racun saraf bekerja. Beberapa detik kemudian, perut lalat mulai membengkak karena racun lambung mulai menyerang abdomennya. Lantas lalat kesulitan terbang karena beban di perut plus pusing. Kalaupun bisa terbang tidak bisa jauh. Adanya racun lambung pada produk kami menjadi jalan keluar bagi peternak ayam layer maupun broiler yang tersiksa oleh lalat melalui larvanya yang susah dimatikan oleh racun kimia yang biasanya hanya mengandung racun saraf..

  * Asupan  Nutrisi Yang Cukup.
Memberikan  AVISPRO  sebagai asupan nutrisi dan antibiotic adalah sangat DIANJURKAN untuk mencegah wabah paenyakit pada ternak unggas, Karena  AVISPRO  bermenfaat sebagai : Antibiotik (mencegah dan mengatasi penyakit Coryza (Snot), CRD, dan penyakit yang ditimbulkan oleh bakteri E. coli,Salmonella pullorum, Salmonella gallinarum, Pasteurella multocida, Mycoplasma dan lain sebagainya)

  1. Antiviral (mencegah serangan virus ND, Gumboro, Marek, Fowl pox, IBD, dsb –vaksinasi tetap diperlukan)
  2. Antifungal (mencegah penyakit akibat jamur)
  3. Antioksidan (pelindung sel dari radikal bebas)
  4. Antiinflamasi (mencegah peradangan dan infeksi)
  5. Detoksifikasi (membersihkan racun dan mengurangi kadar kolesterol dari produk unggas)
  6. Meningkatkan nafsu makan.
 * dari pengalaman mengatasi penyakit ayam obat yang palin mujarap yg saya selalu gunakan adalan trimidzin bubuk+Anti snot bubuk+B komplex bubuk di campur dalam air invus dan di suntikan pada ayam yg sakit, untuk takaran di kira" aja jangan kebanyakan nanti ayamx jadi sakti, bisa juga di jadikan minuman si ayam,


AYAM HIAS MAHASVIN
cocok untuk Hiasan dihalaman rumah, villa, hotel, dan juga tempat wisata, Restourant.
mampu menjadi magnet untuk menarik customer.

Rasanya yg lezat ditambah tekstur daging yg menyerupai ayam kampung,
 menjadikan ayam Hias makanan yang tidak ditemui diRestourant manapun.

Nikmati keindahan ayam hias dan nikmati pula keuntungan berbisnis ayam  hias.
Rumah dan dompet anda pun tampak indah.

Di jual untuk di beli kaka'
- Ayam Merak India (Legal)
- Ayam pheasant/Tibet (Golden, Silver,Yellow, Lady,  ayam amerika/Ringneck)
- Burung Onta
- Bebek Mandarin
- Black Swan (angsa hitam)
- Ayam Hutan Hijau (Jinak, kawin dodokan)
- Ayam Bekicem (Bekisar hitam)
- Ayam ketawa, Pelung
- Ayam Kapas (berbulu kucing anggora)
- Ayam cemani (ayam ritual, obat, gaib)
- Ayam batik
- Ayam Ekor panjang
- Ayam polandia (mahkota)
- Ayam Polandia berbulu walik, berbulu kapas, berbulu batik
- Ayam kalkun potong dan hias
- Dll.

Untuk juragan yang tertarik dengan ayam hias silahkan hubungi contact person kami.
Nama : Mahasvin Xiaomi
(Bakul Ayam Legendaris)

Fb ; Mahasvin Farm / Ayam hias Mahasvin

Blog : www.ayamhias-mahasvin.blogspot.com

Tlp ; 081916101014 (TIDAK SMS)
Pin ; 595F6E3D

Rek : BRI 7675-01-003164-53-0 an/ LANGGOSO ASWIN POETRA

Tidak ada komentar:

Posting Komentar